Sabtu, 14 Februari 2009

TUHAN MAHA AGUNG

Beberapa abad yang lalu, muncul seorang kafir yang tidak beriman kepada Allah, lalu ia menantang semua ulama yang ada dalam suatu Negeri. Para ulama memilih salah seorang di antara mereka yang paling pintar (di sumber yang lain orang yang dipilih yakni Imam Ahmad bin Hambal) untuk menghadapi tantangan dan menjawab orang kafir itu. Akhirnya, mereka sepakat menentukan waktu untuk bertemu.

Pada hari yang telah ditentukan, semua orang yang hadir menunggu kedatangan ulama, akan tetapi dia terlambat datang. Maka berkatalah orang kafir itu kepada hadirin, “ulama kalian telah melarikan diri dan takut, karena dia mengetahui bhawa aku akan mengalahkannya. Aku akan membuktikan kepada kalian bahwa alam ini tidak ada Tuhan yang menciptakannya.”

Di saat ia sedang berbicara, ulama yang ditunggu-tunggu muncul dan minta maaf atas keterlambatannya, kemudian berkata, “Dalam perjalanan kemari saya tidak mendapatkan sampan untuk menyeberangi sungai, sehingga saya saya menunggu di tepi sungai. Tiba-tiba datang dari arah sungai beberapa papan kayu, kemudian berkumpul dengan cepat dan teratur dengan sendirinya, hingga menjadi sampan dan mendekat padaku. Lalu saya menumpanginya dan akhirnya saya tiba di sini.”

Orang kafir itu berkata,”Orang ini gila, bagaimana bias papan kayu berkumpul dan menjadi sampan dengan sendirinya tanpa ada yang membuatnya, dan bagaimana bias bergerak tanpa ada yang menggerakkannya?”

Sang ulama tersenyum, serya berkata,”Jadi kamu tidak percaya terhadap sampan yang terbentuk dengan sendirinya? Padahal kamu sendiri berpendapat bahwa alam yang besar beserta bumi dan kangitnyaterbentuk dengan sendirinya tanpa adanya Tuhan Maha Agung Yang Membuatnya?”

Maroji’: Abdurrahman Bakar. Humor Orang-Orang Cerdik & Bijak.


Tidak ada komentar: